Tembus F1: Rio Haryanto Punya Pesantren

Tembus F1: Rio Haryanto Punya Pesantren

44
0
Lolosnya Rio Haryanto sebagai pembalap Formula Satu (F1) disambut kesyukuran pengurus dan siswa Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikam, di Dukuh Sorowaden, Desa Banyudono, Boyolali. Mereka merasa memiliki ikatan emosional karena Ponpes tersebut didirikan keluarga besar Rio Haryanto.
Ponpes Al Hikam yang berdiri mulai 2003 lalu itu memang tak lepas dari keluarga Rio Haryanto. Kala itu, pendirian ponpes digagas oleh Sutantyo-Min Handayani dan Indah Pennywati yang merupakan kakek-nenek dan ibunda Rio Haryanto, serta KH Ali Muchson dan Idrus Assegaf yang merupakan tokoh agama di Kecamatan Banyudono.
Nama Al Hikam dipilih dari arti hakim atau bijaksana. Selain untuk penyebaran agama Islam, Ponpes juga diperuntukkan bagi anak yatim, dan kaum dhuafa yang digratiskan biaya pendidikannya. Awal didirikan, Ponpes tidak langsung serta besar sebagaimana berkembang seperti sekarang.
“Sejak 2003, kakekku punya lahan di Solo. Awalnya membangun masjid, kemudian ada ide untuk mendirikan pondok pesantren dan panti asuhan,” tutur Rio, dikutip dari dream.co.id.
Dalam pondok pesantren itu, Rio mengatakan banyak kegiatan yang dapat bermanfaat untuk anak-anak yang tinggal di sana. “Di sana ada fasilitas yang bisa dimanfaatkan anak-anak mulai dari Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar. Kami berusaha membantu agar potensi mereka bisa terasah. Ada kegiatan qasidah juga untuk remajanya, latihan setiap hari,” ungkap Rio.
Selain menampung 60 santri, Yayasan Ponpes Terpadu Al-Hikam memiliki SD Islam dengan 266 siswa, TK Islam (126 siswa), dan PAUD (104 siswa). PAUD Yayasan Ponpes Terpadu Al-Hikam berada di Desa Ngaru Aru, Kecamatan Banyudono. Di Ponpes Al-Hikam, semua santri diajarkan tentang dalil-dalil yang menjadi landasan tiap orang beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing.
( Sumber : www.amanah.alharamnews.com )

LEAVE A REPLY