Tiap Bulan, Keuntungan Sukuk Dana Haji Capai Rp 1,4 Triliun

Tiap Bulan, Keuntungan Sukuk Dana Haji Capai Rp 1,4 Triliun

33
0

Kepala Biro Perencanaan Kementerian Agama RI, Ali Rahmat mengatakan bahwa kurang lebih ada Rp 96,79 triliun dana haji yang bisa yang bisa dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Dana tabungan haji triliun rupiah itu akan digunakan untuk peningkatan layanan penyelanggaraan ibadah haji dan juga untuk investasi lainnya.

“Ada Rp 96,79 triliun dana haji. Lalu dana Rp 96,79 triliun itu ada di mana? Sebanyak Rp 35 triliun ada di sukuk dana haji Indonesia,” kata Ali di Jakarta, Rabu (6/9/2017).

Dari dana yang sudah diinvestasikan Pemerintah untuk Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), deposito berjangka syariah dan Surat Utang Negara (SUN) itu, kata Ali, setidaknya Pemerintah mengantongi keuntungan per bulan mencapai Rp1,4 triliun.

“Tiap bulan Rp 1,4 triliun bisa dihasilkan. Untuk apa uang itu yang berkumpul? Untuk biayai jemaah Haji. Biaya haji kan sumbernya dua, APBN dan APBD, selain dari jemaah,” kata dia.

Menurut Ali, triliunan dana haji itu dikumpulkan dari jutaan calon jemaah haji yang belum berangkat ke tanah suci.

“Masyarakat yang terdaftarnya sampai saat ini ada 3,1 juta orang haji reguler, rata-rata keberangkatan 17 tahun. Sedang haji khusus pendaftarnya 105 ribu dengan masa tunggu rata-rata 6 tahun,” katanya.

“Jadi uang itu masih di Kemenag, belum diserahkan, ini ribut-ribut tapi uangnya belum diapa-apakan. Memang sudah ada yang digunakan dan juga diproyeksikan untuk infrastruktur,” tutup Ali.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta agar dana haji bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Menurut Jokowi, pemanfaatan dana haji untuk infrastruktur ini minim resiko. Namun, dalam pelaksanaannya, Jokowi berharap agar dana haji itu sangat hati-hati dikelola agar tidak menimbulkan kerugian ke depannya.

Sumber : Kompas.com

LEAVE A REPLY